LOKASI WISATA ZIARAH " MAKAM KI AGENG TARUB ( JOKOTARUB ) " KURANG LEBIH 12 KM KE ARAH TIMUR DARI KOTA PURWODADI, TEPATNYA DI DESA TARUB, KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN.

Senin, 01 Februari 2010

HAUL KI AGENG TARUB TAHUN 2010

Makam Ki Ageng Tarub atau dikenal Joko Tarub terletak di Desa Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan kurang lebih 12 Km dari kota Purwodadi ke arah Timur. Bagi anda yang ingin berkunjung atau berziarah dengan menggunakan kendaraan roda empat bisa langsung sampai tujuan karena jalan menuju lokasi makam terbilang bagus. Adapun Route jika anda dari kota Purwodadi menuju arah Timur Jurusan Wirosari- Blora sesampainya di perempatan pangkalan ojek Tawangharjo / Ngantru anda belok kiri arah ke utara kurang lebih 2 Km dari jalan raya Anda sudah sampai di Desa Tarub lokasi Makam Ki Ageng Tarub.



Gapura Masuk Lokasi Makam Ki Ageng Tarub


Pintu Gerbang Makam Ki Ageng Tarub


Makam Ki Ageng Tarub


Makam Lembu Peteng ( RM. Bondan Kejawan )


Di penghujung bulan Januari tahun 2010di desa Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan, tepatnya pada hari Ahad Wage tanggal 31 Januari 2010 telah diselenggarakan acara Ritual " Haul Ki Ageng Tarub ( Joko Tarub ) yang dihadiri oleh Punggawa Keraton Surakarta Hadiningrat antara lain, Gusti Kanjeng Ratu ( GKR ) Ayu Koes Indriyah, bersama kakaknya GKR Galuh, dan Putro Dalem lainya serta dihadiri pula dari jajaran Pemerintah Kabupaten Grobogan beberapa diantaranya Wakil Bupati Grobogan H. Icek Baskoro. SH beserta rombongan lain dari jajaran DPRD Grobogan juga DPR RI dari Jakarta Bp Ir. Djoko Udjiyanto.


Para pengunjung Haul Ki Ageng Tarub Tahun 2010 begitu antusias menyambut kehadiran GKR. Ayu Koes Indriah beserta rombongan











GKR. Ayu Koes Indriyah memberikan sambutan serta menyejarahkan kembali asal usul raja-raja tanah jawa dari keturunan Ki Ageng Tarub seperti halnya haul-haul sebelumnya , serta menegaskan kembali bahwa disinilah makam leluhur beliau yang diyakini asli








Setelah GKR. Ayu Koes Indriyah memberikan sambutan dilanjutkan sambutan dari Wakil Bupati Grobogan Bp. H. Icek Baskoro. SH, yang mana beliau sangat bangga ternyata di wilayahnya memiliki situs sejarah yang sangat luar biasa.









Setelah memberikan sambutan GKR. Ayu Koes Indriyah langsung memulai acara wilujengan ( Tasyakuran ) yang di awali dengan pembacaan Yasiin dan Tahlil dari ulama Keraton Surakarta Hadiningrat











GKR. Ayu Koes Indriayah bersama kedua kakaknya dan dibantu oleh sang Juru Kunci KRT. Priyohastono tengah melakukan penggantian Kain larapan makam Ki Ageng Tarub disaksikan oleh para pejabat Tinggi Kabupaten Grobogan.









GKR. Ayu Koes Indriyah bersama Wakil Bupati Pati Ibu Hj. Ina. S melakukan ziarah dan tabur bunga di makam Ki Ageng Tarub











Setelah Usai acara Bapak Ir. Djoko Udjiyanto Anggota DPR RI dari Jakarta yang didampingi sang Juru Kunci makam KRT. Priyahastono tengah diwawancarai oleh reporter Cakra TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar